Jurusan MESIN PNL

Profil Program Studi Teknik Mesin D-IV
Posted by Admin, 2013-02-08 14:46:23

 Syukur Alahamdulillah Kehadirat Allah, atas limpahan Berkah dan Hidayah-Nya Program Studi D-IV Teknik Mesin Produksi dan Perawatan, Jurusan Teknik Mesin Politeknik Negeri Lhokseumawe telah mendapakan ijin  resmi untuk menyelenggarakan pendidikan yang bermutu dan berkualitas (Performance In Excellent) sebagai program studi D-IV yang pertama di Indonesia. Tak lupa pula selawat teriring salam mari kita alamatkan keharibaan Nabi Besar Muhammad SAW, yang telah berjuang membebaskan ummat manusia dari ketidaktauan, menjadi pinter, dari yang berakhlak yahudiah, menjadi islamiyah, dan kehadiran Muhammat telah menjadi pelita bagi ummat manusia dan segenap alam jagat raya.

 

Kehadiran prodi D-IV ini menjadi suatu indikator dari upaya peningkatan kapasitas dan efektifitas perguruan tinggi dalam rangka perluasan akses pendidikan, untuk memberikan pelayanan pendidikan yang memadai bagi bagi masyarakat. Pengembangan Sumber Daya Manusia yang berkualiatas, kreatifitas, produktivitas dan inovasi yang tinggi akan mampu   mewujudkan dan  meningkatkan daya saing bangsa Indonesia (Nation Competitiveness).

 

Program Studi D-IV menghasilkan lulusan-lulusan yang memiliki jiwa dan semangat tehnopreneurship tinggi, sehingga dapat mengembangkan diri dimasyarakat dengan merubah image, "dari pencari kerja menjadi pemberi kerja".

 

Dengan penerepan kurikulum yang upto-date, Sistem pembelajaran yang berbasis pada mahasiswa (Student Center Learning) , SDM yang bagus, sarana dan prasarana yang memadai merupakan optimisme penelenggaraan prodi ini. Dukungan dan kerjasama industri, pemda, stakeholder serta dukungan masyarakat luas merupakan jaminan keberlangsungan penyelenggaraan prodi ini.

 

Alhamdulillah, dengan mengharapkan ridha dari Allah mari sama-sama mensukseskan penyelenggaraan Program Studi D-IV Teknik Mesin Produksi dan Perawatan, dengan istiqamah menjalankan tridharma perguruan tinggi dan memberikan pelayanan prima bagi peserta didik dan kolega.
 

VISI Program Studi

Visi dari penyelenggaraan Program Studi Teknik Mesin Produksi dan Perawatan adalah menjadikan Program Studi Teknik Mesin Produksi dan Perawatan pada tahun 2020 sebagai pusat Pengembangan bidang keahlian Teknik Produksi dan Perawatan yang bersertifikasi yang memiliki komitmen terhadap pencapaian mutu proses dan mutu lulusan yang mampu menyebarluaskan teknologi terapan untuk meningkatkan daya saing bangsa.

 MISI  Program Studi

Misi program studi Teknik Mesin Produksi dan Perawatan adalah menyelenggarakan pendidikan vokasi secara profesional dibidang Teknik Produksi dan Perawatan untuk menghasilkan SDM yang terampil, cakap dan berjiwa kewirausahaan  serta mampu mengantisipasi perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang berlandaskan iman dan taqwa. Jabaran dari Misi dengan :

  1. Menyelenggarakan pendidikan profesional khususnya dibidang Teknik Mesin Produksi dan Perawatan  yang mampu berkompetisi baik ditingkat lokal, nasional dan internasional.
  2. Mengembangkan kurikulum sesuai dengan kebutuhan dan perkembangan industri dan pasar kerja. 
  3. Menghasilkan lulusan dengan penguasaan keahlian teknis dan managerial pada bidang produksi dan perawatan guna membangun kemandirian dan jiwa kewirausahaan.
  4. Menghasilkan lulusan yang profesional dan mandiri dalam bidang Teknik Produksi dan Perawatan yang memiliki kompentensi  teknik produksi dan perawatan yang berbasis Reliability Centered Maintenance (RCM).
  5. Membangun kemitraan dengan menjalin kerjasama dengan berbagai industri, lembaga, stakeholder, pemerintah  dan pelayanan jasa untuk kegiatan magang dan OJT (On the job training).
  6. Mengembangkan bidang Teknik Mesin Produksi dan Perawatan  yang bersertifikasi dalam rangka ikut meningkatkan daya saing bangsa yang menghasilkan produk-produk dengan teknologi mutakhir sebagai upaya dalam mengurangi ketergantungan pada negara lain.
  7. Menyelenggarakan jasa uji kompetensi dan Pengembangan bidang Teknik Produksi dan Perawatan dalam rangka ikut meningkatkan daya saing bangsa.
  8. Menyelenggarakan jasa training bidang Teknik Produksi dan Perawatan yang mampu mengeluarkan sertifikasi pada tingkat nasional dan Internasional.

TUJUAN Program Studi

Penyelenggaraan Program Studi Teknik Mesin Produksi dan Perawatan secara umum bertujuan menyiapkan peserta didik menjadi anggota masyarakat yang memiliki kemampuan profesional dalam menerapkan, mengembangkan, dan menyebarluaskan teknologi serta mengupayakan penggunaannya untuk meningkatkan taraf kehidupan masyarakat.

 

PROFIL LULUSAN Program Studi

KOMPETENSI LULUSAN Program Studi

Jurusan MESIN PNL